Layanan Gratis Konsultan Keuangan, Perencana Keuangan Keluraga

Sabtu, 21 Juni 2014

Keistimewaan Rumah Desain Klasik Modern Joglo

Rumah Jawa Joglo adalah rumah yang tak lekang oleh waktu dan model jika dilihat dari seni serta keeksotikan sebuah rumah. Desain rumah khas gaya traditional Jawa ini banyak dijumpai berupa bangunan kantor pemerintahan, kampus-kampus besar serta gedung-gedung perkantoran yang masih mempertahankan nuansa etnik traditional Jawa ini. Rumah adat yang asalnya dari tanah Jawa ini sudah tidak diragukan lagi keistimewaan serta keeksotikannya. Rumah asli tinggalan warisan leluhur bangsa Indonesia ini,  merupakan rumah yang syarat dengan hitung-hintungan yang nampak serta tidak nampak. Atau jika Anda suka membaca dimensi-dimensi yang tidak kasat oleh mata, rumah gaya Joglo sangat kental dengan hal-hal yang mempunyai dimensi positif soal aura rumah. Karena biasanya sebelum membangun rumah gaya traditional Joglo ini, orang Jawa suka memperhitungkan tanggal-tanggal ala kejawen sebelum membangun rumah adat ini. Bukan dari tanggal saja, biasanya juga memeperhitungkan soal letak (china: ying dan yang), perhitungan bulan apa yang terbaik untuk membangun rumah, serta perhitungan-perhitungan lain yang intinya demi menghasilkan rumah yang terbaik baik dari segi ilmiah maupun yang tidak ilmiah.

Untuk membuktikan statement-statement penulis soal hitung-hitungan klenik ala kejawen, mungkin Anda bisa bertanya-tanya di daerah-daerah yang masyarakat Jawanya masih sangat kental. Misalnya Anda bisa melakukan semacam interview kecil-kecilan untuk masyarakat yang tinggal di daerah gunung kidul Jogajakarta atau Kulon Progo. Banyak sekali dikampung mereka yang masih mempertahankan rumah-rumah gaya khas keraton Jogajakarta ini yaitu rumah Joglo. Ketika Anda tanya mungkin dari sebagian mereka akan menjawab bahwa dulunya ketika mau membangun rumah selalu menggunakan perhitungan-perhitungan yang tidak mungkin dijumpai masyarakat Jawa modern saat ini. Selain ada semacam mantra-mantra atau rapalan-rapalan sebagai tolak balak untuk menghindarkan rumah mereka dari bahaya yang tidak kelihatan maupun yang kelihatan.
Rumah Joglo jika tempo dulu modelnya hanya itu-itu saja alias tidak ada sebuah polesan kreatifitas yang ciamik, namun untuk hari ini banyak desainer mudah yang mampu mengubah desain rumah Joglo yang dulunya berkesan Jadul namun kini akan menjadi desain yang cukup profesiaonal serta menawan. Desain rumah ala Joglo memang desain rumah yang cukup etnik untuk di wujudkan dengan konsep rumah modern. Rumah ini cukup menawan untuk di aplikasikan kedalam desain rumah di era modern ini.
Itulah ulasan sederhana dari kami tentang Keistimewaan Rumah Desain Klasik Modern Joglo. Semoga informasi unik ini bermanfaat bagi Anda. Jika ada saran atau komentar silahkan tulis di kolom komentar.

Keistimewaan Rumah Desain Klasik Modern Joglo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KONSULTAN KEUANGAN GRATIS

1 comments: